Minggu, 28 Februari 2016

kandungan jeruk bali

jeruk bali merupakan sebuah spesies tanaman jeruk yang berbahasa inggris grapefruit. walaupun namanya jeruk bali namun jeruk ini tidak hanya tumbuh di bali melainkan tumbuh tersebar di seluruh indonesia. jadi anda tidak perlu repot repot datang ke bali untuk mendapatkan jeruk ini. dan di berbagai pasar tradisonal di daerha pun mejual jeruk ini. maka tidak perklu khawatri kesusahan untuk mendapatkan jeruk ini. baca juga manfaaat grapefruit bagi kesehatn tubuh.

Kandungan jeruk bali


- Likopen

Kandungan likopen pada jeruk bali cukup tinggi, yaitu 350 mikrogram per 100 gram daging buah. Jika bersinergi dengan betakaroten (provitamin A) yang banyak terdapat pada jeruk bali, likopen bisa berperan sebagai antioksidan.

- Pektin

Jeruk bali mengandung pektin jauh lebih banyak dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya setelah dijus. Satu porsi jus jeruk bali mengandung lebih dari 3,9 persen pektin. Setiap 15 gram pektin dapat menurunkan 10 persen tingkat kolesterol. Berarti jeruk bali dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

- Zat aktif pembersih darah

Jeruk bali dipercaya mengandung zat aktif yang dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan tingkat hematokrit, yaitu persentase sel darah per volume darah. Tingkat hematokrit normal pada wanita adalah 37-47 persen, sedangkan laki-laki 40-54 persen. Rendahnya hematokrit akan menyebabkan anemia, tetapi jika sangat tinggi dapat memicu penyakit jantung karena darah jadi mengental.

- Kalium

Jeruk bali (gravefruit) merupakan sumber kalium, vitamin A (440 IU), bioflavonoid, dan likopen (350 ug/100g). Hasil penelitian, jeruk bali termasuk antikanker yang sekaligus menyehatkan prostat.

- Vitamin C

Seperti jeruk lain, jeruk bali adalah sumber vitamin C (350 mikrogram per 100 gram daging jeruk). Vitamin C sangat baik sebagai sumber antioksidan. Perokok dianjurkan untuk mengonsumsi jeruk bali dua "siung" (helai dalam buah) setiap hari. Peningkatan kadar vitamin C di dalam darah mampu memperbaiki jaringan yang rusak, bahkan kanker, akibat tidak stabilnya molekul radikal bebas karena rokok dan polusi udara.

mungkin cuckup sekian artikel tentang khasiat jeruk bagli bagi kesehatan. bagikan artikel ini biar yang lain pada tau bahwa jeruk bali ternyata mempunyai khasiat yangluar biasa.

2 komentar:

  1. artikel nya bagus, saya mohon sering2 update artikel kesahatannya admin. salam kenal saya juga memiliki blog tentang kesehatan wanita jika berkenan bisa berkunjung https://sehatbaca.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. Jeruk bali sangat banyak mengandung vit C ...baik sekali untuk kesehatan..
    Bagi wanita yg mengalami keputihan saya punya artikel yg membantu..silahkan klik disini

    BalasHapus